Sekumpulan romansa, mimpi, dan perjalanan

(source google images/TIM)



            Jika kamu berdomisili di sekitaran Jakarta, atau kamu turis lokal yang sedang punya plan untuk berlibur ke Ibukota Negara tersayang ini, kamu tentu tidak boleh melewatkan Taman Ismail Marzuki sebagai tujuan dari destinasimu ya.  Selain murah meriah, kamu juga dapat menikmati banyak hal-hal edukatif serta kreatif seperti drama, tari, wayang, musik, pembacaan puisi, pameran lukisan dan pertunjukan film. Berbagai jenis kesenian tradisional dan kontemporer, baik yang merupakan tradisi asli Indonesia maupun dari luar negeri dinikmati di sini. Taman Ismail Marzuki yang terletak di jalan Cikini Raya, nomor 73, Jakarta Pusat. 

(Pameran lukis di Galeri II, dok. pribadi)

            Taman yang namanya diambil dari nama seorang pengarang lagu nasional Alm. Ismail Marzuki ini memiliki areal Planetarium, enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, plaza, dan bioskop. Untuk menonton berbagai pementasan dan pameran, biasanya pengunjung dikenakan tarif tiket yang berbeda-beda (sesuai dengan penyelenggara), namun tidak jarang ada beberapa pementasan dan pameran yang tidak memungut biaya apapun alias ya, gratis!

(Toko buku bekas di TIM, dok pribadi)

            Sementara untuk masuk ke Planetarium, pengunjung dikenakan tarif perorangan dan rombongan sebagai berikut;

Daftar Harga Tiket Planetarium Jakarta

Golongan
Harga
Keterangan
Dewasa
Rp. 12.000,-/orang
SMP s/d Dewasa
Anak-anak/Pelajar
Rp.  7.000,-/orang
2 tahun s/d tingkat SD
Rombongan Pelajar
 Rp. 500.000,-
Per 100 orang
Bukan Pelajar / Mahasiswa
Rp. 1.000.000,-
Per 100 orang

            Selain beberapa tempat yang disebutkan diatas, di Taman Ismail Marzuki kamu juga bisa mencari berbagai macam buku—baik itu bekas, maupun baru—dengan lengkap. Tepat di sebelah kanan bioskop, ada sebuah toko buku dengan berbagai macam koleksi, mulai dari buku sejarah, biografi, fiksi, non-fiksi, sampai buku-buku lama pun tersedia di sini. Harga buku  yang ditawarkan juga bervariatif, namun tidak terlalu mahal, mulai dari kisaran Rp. 15.000, sampai Rp. 250.000 rupiah (Untuk jenis buku yang sudah langka dengan koleksi terbatas). Kulineran di Taman Ismail Marzuki? Tidak perlu bingung, karena kita dapat dengan mudah menemukan tempat makan di sekitaran Cikini Raya, baik di dalam Taman Ismail Marzuki, maupun diluar. Sesuai tempatnya, harga yang ditawarkan pun bervariasi. Jika kita memilih untuk makan di seputar Taman Ismail Marzuki, kocek yang kita keluarkan adalah sekitar Rp. 60.000 rupiah untuk dua orang.
            Transportasi untuk datang ke Taman Ismail Marzuki juga tidak begitu rumit. Ada akomodasi umum yang dapat kita gunakan untuk sampai ke sana. Opsi paling mudahnya, kita dapat naik Transjakarta, ataupun Commuter Line. Ada beberapa alternatif;
·         Via Stasiun Jatinegara/ Angke/ Duri, jika kita naik kereta dari salah satu stasiun tersebut, pilih kereta jurusan Depok/ Nambo/ Bogor, kemudian transit di stasiun Manggarai, lanjut kereta jurusan Jakarta Kota, kemudian turun tepat di Stasiun Cikini. Dari Stasiun Cikini, kita bisa jalan menuju TIM sekitar sepuluh sampai lima belas menit, atau naik angkutan umum.
·         Via Stasiun Jakarta Kota, naik dari Stasiun Jakarta Kota, kemudian turun tepat di Stasiun Cikini. Dari Stasiun Cikini ke TIM, jaraknya sekitar 750 meter.
·         Via Transjakarta, Harmoni – Monas, naik tranjakarta dari Harmoni tujuan monas, turun di halte BI, kemudian naik angkutan umum Kopaja 502 arah Kp. Melayu, turun tepat di depan TIM
            Cukup mudah, bukan? Untuk budget yang harus kita persiapkan selama di TIM, sebenarnya sangat bervariatif, tergantung dengan aktivitas apa yang kita habiskan di TIM. Sebagai persiapan, jika berniat untuk menonton pementasan atau pameran, kita juga bisa melihat jadwal dan bahkan reservasi tiket terlebih dahulu dari website resmi Taman Ismail Marzuki di Web Taman Ismail Marzuki.
            Semoga ulasan dalam artikel ini membantu. Terima kasih. :)

*


*Referensi tulis:
- TIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

| Designed by Colorlib