Sekumpulan romansa, mimpi, dan perjalanan

(source: sherlockgram)

Well, ini sudah berlalu delapan bulan semenjak lirisnya "The Final Problem", episode yang digadang-gadang menjadi episode terakhir dari season 4, sekaligus menjadi akhir dari perjalanan Sherlock series yang sudah genap tujuh tahun mengudara di BBC. Sedih sih, banget malah. Karena menurut saya ini adalah drama kriminal terbaik direntang waktu 2010 sampai 2017, nunggu keluar per-seriesnya butuh kesabaran, dan untuk memahami jalan ceritanya (teruntuk saya) kadang perlu rewind-rewind adegan biar ngerti maksudnya apa, saking cepetnya si Sherlock kalau bicara, huehue.

Oiya, fyi, Sherlock Holmes series ini pertama kali mengudara pada 25 Juli 2010 di BBC dengan episode "A Study in A Pink", diadaptasi dari kisah-kisah detektif yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle, Mark Gatiss dan Steven Mofat mengadirkannya dalam bentuk drama kontemporer dengan genre drama kriminal yang hidup di abad 21. Diperankan oleh Benedict Cumberbatch as Sherlock Holmes, Martin Freeman as Jhon Watson, Mark Gatiss as Mycroft Holmes, dan yang paling bikin drama ini hidup-sehidup-hidupnya karena beliau adalah dalang dari semua kejahatan yang sungguh-sungguh bersih, i standing for u my Andrew Scott as Jim Moriarty. You're so freakin gooood to played as a BAD GUY!

(Jim Moriarty. Source: Sherlockgram)
Sherlock series memang hadir pada tahun 2010, namun bukan berarti saya mengikuti dari awal mula Sherlock tayang pada tahun ini, fyi, saya baru nonton mulai season 1 pada tahun 2015an (modal minta teman, ahahah), dan berlanjut sampai season 4 di tahun 2017. Ada tiga sampai empat episode disetiap series, di series pertama ini Sherlock Holmes sendiri mengeluarkan episode lain yaitu, "The Blind Banker", dan "The Great Game". Untuk lebih jelasnya, ini urutan series dan episode Sherlock dari rentang 2010 sampai 2017, bisa di download di.... (hubungi saya kalau memang tertarik nonton, karena beberapa website unduh film gratis udah kena internet sehat, wleekkk... :p):

1.       Season 1
·          A Study In Pink (Diadaptasi dari A Study in Scarlet)
·        The Blind Banker (Diadaptasi dari The Adventure of the Dancing Man)
·        The Great Game (Original Storyline)

2.       Season 2
·         A Scandal in Belgravia ( Diadapatsi dari A Scandal in Bohemia)
·         The Hounds of Baskervilles ( Diadaptasi dari judul sama)
·         The Reichenbach Fall ( Diadapatsi dari The Final Problem)

3.       Chrismast Mini Episode : Many Happy Returns

4.  Season 3
Special Episode The Abominable Bride
·         The Empty Hearse ( Diadaptasi dari The Adventure of the Empty House)
·         The Sign of Three ( Diadaptasi dari The Sign of The Four)
·         His Last Vow ( Judul diadaptasi dari His Last Bow namun plot dan elemen digabung dari The Adventure of Charles Augustus Milverton dan The Man with the twisted Lip)
5. Season 4
The Six Thatchers (Diadaptasi dari sebuah cerpen karya Doyle The Adventure of the Six Napoleons)
The Lying Detective (Judul dan plot berdasarkan cerpen The Adventure of the Dying Detective)
The Final Problem (Judul diambil dari kisah aslinya "The Adventure of the Final Problem", tetapi jalan cerita dikombinasi dari cerpen "The Adventure of the Musgrave Ritual", "The Adventure of the Three Garridebs", dan  "The Adventure of the Gloria Scott")


Keempat series ini punya daya pukau sendiri disetiap episodenya, penonton juga benar-benar dibuat gemash sama alur cerita yang malah habis saat kita lagi seru-serunya. Geregetan banget pas tahu si Moriarty sudah mati, Sherlock diasingkan, eh tiba-tiba dia hidup lagi, terus saya bertanya-tanya ini kok bisa muncul lagi? Keselnya itu season 4 yang ngejelasin seluruh alur cerita musti ditunggu lama banget, dari masih pakai seragam putih abu-abu sampe udah siap di khitbah #EHKOKNGAREP (Authornya kebanyakan ngeliat pasangan muda gandengan kalo habis kajian di Istiqlal)

Pada saat season 4 ini berakhir, Mark Gatiss sempat merilis pernyataan bahwa Sherlock Holmes benar-benar tamat dan habis di series ini. Konfirmasi beliau banyak berseliweran juga di youtube setelah sebelumnya cuma dirilis di akun resmi BBC. Singkatnya bisa dilihat disini.

(Moriarty & Sherlock. Source: Sherlockgram)

Intinya, disana Mark Gatiss sedikit ragu untuk menyatakan bahwa dikemudian hari Sherlock akan sampai pada season 5. Hal ini tentu saja karena banyak faktor, selain memang setelah selesainya season 4 para pemainnya punya kesibukan yang sangat-sangat padat, Mark Gatiss juga mempertimbangkan keberlanjutan Sherlock series dari segi penulisan naskah. 

Tapi jangan sedih, kamu-kamu yang gandrung juga dengan Sherlock berhak mengetahui rumor rilisnya series season 5 ini lho! Kabar beredar sih masih samar-samar, tapi enggak ada salahnya kan berharap bakal ada garapannya lagi? Mengingat ini series detektif ini adalah series terbaik di tujuh tahun kiprahnya.


(source: http://www.independent.co.uk/arts-entertainment/tv/news/sherlock-season-5-release-date-andrew-scott-bbc-show-a7776586.html)
 As Jim Moriarty ini bilang, netizen jangan terlalu berekspektasi tinggi, hahaha...
(Source: http://www.telegraph.co.uk/tv/0/sherlock-season-5-will-see-will-finale-give-us-clue/)
Never say never, jawabnya nyari aman banget, hahaha...
Mungkin beberapa pernyataan itu nggak membuat para penikmat aksi egois detektif ini merasa terpuaskan apalagi sampai ngandung harapan, tapi kalau ada pernyataan rilis dengan target tahun kayak gini masih adem-adem aja nggak, ya?


Saya sih biasa aja, soalnya itu masih lama banget, haha. Lha orang 2017 aja belum kelar, 2018 masih jauh, terus 2019-nya pilpres. Eh 2019 gue udah lulus kuliah belum, ya? Sekarang semester tiga... empat.. lima... enam! Wuih, lagi nyusun draft skripsi tuh, bakalan kena list hiatus saya nggak ya kalau Sherlock?
KAYAKNYA ENGGAK, DULU H-3 UN SMK AJA MASIH LEHA-LEHA DEPAN LAPTOP, TA! (ini fx dari Rolyta yang lain ceritanya).

Well, itu aja sih. Sengaja nggak fokus bahas segala ceritanya karena untuk yang satu ini memang sulit untuk dijelaskan. Intinya, kalau kamu pecinta misteri dan segala tentang logika, Sherlock Holmes series ini kudu banget kamu masukin ke list kamu. Jangan lupa buku-buku karya Sir Arthur Conan Doyle, jangan takut nggak nemu, versi terbarunya sudah beredar luas dan lebih fresh.

Oiya, selain series, Sherlock juga ada versi movie-nya lho! Tapi kali ini bukan Benedict yang tampil, melainkan Iron Man kita, yup! Pak Robert Downey Jr. Bedanya, Sherlock Holmes movie ini benar-benar mengusung kehidupan masa lampau, original diangkat dari latar tempat kisah yang ditulis oleh bung Arthur Conan Doyle.

Akhir kata, ini semua kembali kepada Mark Gatiss dkk. Mau beneran nelurin Sherlock Holmes season 5 atau cuma wacana. Because, i really do miss every case. Beda sensasi saat baca dan nonton langsung, untuk ini, entah mengapa saya lebih suka nontonnya.

Udah ah kerja, sampai jumpa ditulisan receh selanjutnya.


Xoxo,
Rolyta Holmes

Referensi web: 
1. Wiki

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

| Designed by Colorlib